Sillabus Kurikulum 2013 TEMA 6 Subtema (Lingkungan Sekitar Rumahku)

TEMA    6              : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Subtema                  : Lingkungan Sekitar Rumahku
Muatan

Kompetensi
Dasar
Indikator
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Materi
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan
dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
·  Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
·   Menyatakan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
Mengamati
·  Mengamati gambar lingkungan yang bersih atau menonton video tentang lingkungan yang bersih dan sehat

menanya
·  Bertanya jawab tentang gambar
·  Berdiskusi tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
· Penilaian sikap
oKesadaran kebersihan
oTanggung jawab
oTeliti
oPercaya diri
oKerjasama  

· Keterampilan
oMemahami teks lisan dengan bercerita berpasangan
oMenyanyi lagu Buang di Tong Sampah
oUnjuk kerja melakukan percakapan
oBermain tangkap bola
oKemampuan membaca
oMembuat kupu-kupu
oMembuat kalimat
oMemilah barang bekas

· Pengetahuan
Tes tertulis


Tata tertib dalam lingkungan sekolah
· Menyadari sikap tertib dalam melakukan kerja melakukan kerja kelompok kelompok
· Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam melakukan kerja kelompok

·  Kegiatan bekerja sama dalam kelompok dengan menujukkan sikap tertib dan baik.
Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda  melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengaan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
· Menceritakan kembali wacana tentang lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat dengan bahasa sendiri
· Menceritakan kembali dengan kalimat sendiri cerita teman tentang lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat



· Mengidentifikasi kata-kata yang menyusun suatu teks
· Mengidentifikasi teks percakapan dengan tepat
· Memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
·  Melakukan percakapan dengan dialog yang dibuat sendiri










·     Membaca nyaring wacana tentang sampah.
·     Menjawab pertanyaan sesuai isi wacana





·      Mengidentifikasi kosakata yang menyusun teks deskriptif tentang benda-benda yang behubungan dengan kebersihan.
·      Menjelaskan arti kosakata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan


·      Mengategorikan kosakata sesuai dengan tema
·      Membuat kalimat dari kosakata sesuai dengan tema



Mengamati
·  Mengamati teks bergambar tentang kebersihan lingkungan

Mengomunikasikan
·    Membaca teks kebersihan lingkungan sekitar
·    Menceritakan tentang teks lingkungan di sekitar rumahku


Mengamati
·    Mengamati wacana percakapan Teuku dan Cut

menemukan
·    Melihat ciri-ciri teks tersebut, misalnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan perkataan si tokoh, dan lain-lain

mengomunikasikan
·    Berlatih membaca teks untuk memahami isinya dengan menggunakan intonasi dan ekspresi yang sesuai
·    Berlatih percakapan dengan percakapan
·    Melakukan percakapan di depan kelas.

·    Membaca wacana tentang sampah dengan nyaring
·    Meminta 2 sampai 3 siswa membaca serta menanyakan yang diketahui siswa terkait dengan bacaan yang telah dibaca.


·    Mengingat kembali atau membaca kembali wacana yang berhubungan dengan kebersihan
·    Mencari kata-kata baru dalam wacana tersebut





Mengamati
·    Mengamati kata-kata tentang kebersihan
·    Membaca kata-kata yang telah ada
·    Membuat kalimat secara individu
·    Menyampaikan kalimat yang telah dibuat
·Teks tentang kebersihan lingkungan
·Teks percakapan Teuku dan Cut
·Membaca tentang teks sampah
·Membuat kalimat tentang kebersihan
Matematika













1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada

·  Menyebutkan bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah
·  Mengidentifikasi bentuk bangun ruang balok, tabung, dan bola




·  Mengidentifikasi bentuk bangun ruang suatu benda
·   Menggambar      benda  yang memiliki bangun ruang balok dan bola












·    Mengidentifikasi bentuk bangun ruang suatu benda
·    Mengelompokkan benda berdasarkan bangun ruang

Mengamati
·  Mengamati benda-benda di kelas atau di luar ruangan kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang.

menanya
·  Bertanya jawab tentang bentuk kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lainnya.
·  Mengerkan latihan di buku siswa.

·  Mencari benda-benda yang berbentuk balok dan tabung di ruangan kelas atau luar ruangan kelas.

Mengamati
·  Mengamati benda-benda yang telah didapat.
·  Menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas
·  Menggambar bangun ruang balok dan tabung.
·  Menyampaikan hasil gambar yang telah dibuat.
·  Melakukan lomba memilah sampah
·  Memilah sampah yang berbentuk bangun ruang suatu benda.
·     
Bentuk-bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar sekolah
Seni Budaya dan Prakarya
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan
diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu





·  Menghafal syair lagu Buang di Tong Sampah
·  Menyanyikan lagu di depan teman-teman

Mengamati
·  Mengamati teks lirik lagu Buang di Tong Sampah dan membacanya bersama-sama

Menyimak
·  Menyimak guru menyanyikan lagu Buang di Tong Sampah dan menirukan (menggunakan video lagu Buang di Tong Sampah)
·  Berlatih menyanyikan lagu dengan bimbingan guru atau melalui media elektronik
·  Menyanyi satu per satu di depan kelas
·     
·  Menyanyi lagu Buang di Tong Sampah

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

·   Menentukan barang bekas yang akan dibuat menjadi mainan sederhana
·   Membuat mainan kupu-kupu dari barang bekas

·  memilih barang bekas atau kertas yang telah disiapkan untuk membuat kupu-kupu.
·  Menyimak penjelasan tentang membuat mainan kupu-kupu
·  Membuat mainan kupu-kupu sesuai dengan langkah-langkah kegiatan atau mengembangkan sesuai dengan kreativitas
·  Membuat mainan kupu-kupu
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional


·   Mengidentifikasi cara dan aturan permainan tangkap bola dengan keranjang sampah
·  Bermain tangkap bola dengan keranjang sampah

·  Mengamati gambar cara bermain olahraga memasukkan bola ke keranjang sampah atau mengamati cara guru melakukan contoh permainan memasukkan bola ke dalam keranjang sampah
·  Membagi dua kelompok , masing-masing-masing berjumlah 5
·  Pemenangnya kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke keranjang.
·  Bermain bola keranjang
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·  Mengidentifikasi cara dan aturan lomba memilah barang bekas
·  Mempraktikkan lomba memilah barang bekas

·  Mengingat kembali tentang sampah organik dan nonorganik.
·  Mendengarkan penjelasan guru tentang lingkungan yang kotor
·  Menuju luar ruang kelas untuk memulai kegiatan
·  Membagi kelompok siswa. setiap kelompok mendapat dua keranjang sampah, satu untuk sampah organik dan satu untuk sampah nonorganik
·  Kelompok berlomba mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan.
·  Berkumpul melihat kelompok yang paling banyak mengumpulkan sampah

·  Permainan memilah sampah


Belum ada Komentar untuk "Sillabus Kurikulum 2013 TEMA 6 Subtema (Lingkungan Sekitar Rumahku)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel