Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU ( PPI )

1.    Identitas siswa
·         Nama              : Andi
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunagrahita sedang


·         Nama              : Soraya
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 6 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunagrahita Sedang

2.    Kekuatan dan lemahan
Kekuatannya dan kelamahan:  mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya tidak begitu mahir dalam menulis, membaca, dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumah akan dengan jelas dijawab. Mereka juga dapat belajar namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahya. Sedikit perhatian dan pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial.

3.    Standar Kompentensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi      :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Kompetensi Dasar
1.3   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 sampai 5
·         Mengurangkan bilangan 1 sampai 5

5.    Tujuan pembelajaran
Dengan  menggunakan media-media yang sudah di siapkan oleh guru :
·         Siswa mampu menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
·         Siswa mampu mengurangkan bilangan 1 -5 dengan benar.

6.    Strategi pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu, evaluasi, dll )
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas agar terasa nyaman.


·         guru memberikan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung.
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa.
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi


            Kegiatan Inti
·         Guru mengenalkan angka 1,2,3,4, dst dengan menggunakan  angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka diberikan tutup botol . Misalnya angka 1 diberikan 1 tutup botol , angka 2 diberikan 2 tutup botol, dst.
·         Guru membantu siswa untuk melafalkan angka 1-5.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-)
·         Guru memberikan 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru memberikan contoh menjumlahkan bilangan 1-5 dengan bantuan tutup botol. Setelah mendapat hasil dari penjumlahan guru menunjukkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
·         Siswa mengikuti seperti guru.
·         Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan tentang operasi pengurangan dengan cara yang sama menggunakan tutup botol.
Kegiatan Penutup :
·         Guru memberikan soal evaluasi
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
·         Tindak lanjut
Kegiatan alternatif :
·         Guru bisa menggunakan media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan menggunakan tutup botol seperti batu, kelereng dan sebagainya.

materi       : penjumlahan bilangan, pengurangan bilangan.

Media        :
1.     tutup botol, kelereng, dan batu,
2.    Angka-angka yang terbuat dari kayu ( plastik )

Tempat     : Ruangan Kelas

Waktu       : 2 x seminggu





Evaluasi   :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat :


1.      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg   +            Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg =  

2.      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg  -      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg            =  
3.      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpg     +Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpg          =
4.      5 – 4     =
5.      4 + 3   =




7.    Siapa yang melakukan :
·         Wali kelas atau guru pembantu.

























1 Komentar untuk "Program Pembelajaran Individu (PPI) Tunagrahita Sedang Sekolah Dasar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel