Sillabus Kelas IV Tema Indahnya Negeriku subtema (Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan)

SILLABUS KELAS IV
Tema              : Indahnya Negeriku
Subtema         : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan

Muatan
Kompetensi
Dasar
Indikator
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Materi
Sumber
Belajar
Alokasi
Waktu
PKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha
Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar

2.2 Menunjukkan perilaku yang
sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar

2.3 Menunjukkan perilaku sesuai
dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar

3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan
masyarakat

4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai
warga di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat
·   Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan tanaman anggrek
·   Menemukan contoh pelaksanaan kewajiban sebagai warga terhadap langkanya tanaman anggrek
1.    Siswa mengamati gambar tanaman anggrek (mengamati)
2.    Siswa membaca teks bergambar tentang tanaman anggrek.
(mengomunikasikan)
3.    Siswa mencari informasi tentang kelangkaan anggrek yang ada dalam teks.
4.    Siswa menemukan informasi tentang hak dan kewajiban untuk menjaga tanaman anggrek.
Penilaian sikap:
·           Kreatif
·           Teliti
·           Bertanggung jawab
·           Rasa ingin tahu

Penilaian Keterampilan:
·  Menulis hewan langka dan tidak langka
·  Menceritakan kembali teks petualangan
·  Memilih dan memilah kosakata baku
·  Melakukan gerak dasar lari
·  Mengarang cerita teks petualangan
·  Menuliskan hak dan kewajiban
·  Menggambar pemandangan alam
·  Menuliskan temuan dari teks
·  Menuliskan temuan dari teks persamaan dan perbedaan antara cenderawasih
·  Mengungkapkan tentang kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih
·  Menemukan data dalam tabel
·  Gerakan senam ritmik
·  Hak dan kewajiban berdasar hasil wawancara
·  Bercerita
·  Mewarnai gambar
·  Membuat peta pikiran
·  Menemukan hak dan kewajiban warga negara terhadap hewan dan tumbuhan

Penilaian Pengetahuan
·      Tes tertulis
Hak dan kewajiban menjaga tanaman anggrek
Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV Tema 6 (Indahnya Negeriku)

Kontributor Naskah: Afriki, Angie Siti Anggari, Dyanggih Sri Aryono, dan Nuniek Puspitawati.

Penyelia Penerbitan: Pusat kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Internet:


6x 35 menit

.
·      Menjelaskan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan pohon pinus
·      Mengomunikasikan secara tertulis contoh tindakan untuk melestarikan pohon pinus
1.    Mengamati teks bergambar pohon pinus (Mengamati)
2.    Membentuk kelompok beranggotakan 4 sampai 5 siswa.
3.    Setiap kelompok mendapat tugas menyampaikan materi pada kelompok lain.
4.    Setiap kelompok diberikan tanggung jawab masing-masing agar mampu untuk menyampaikan materi yang ditugaskan untuk menyampaikan ke kelompok lain.
5.    Setiap kelompok kembali ke kelompok asal.
6.    Mendiskusikan tentang hak dan kewajiban menjaga kelestarian pohon pinus.
7.    Menyampaikan hasil kerja yang telah dibuat.
8.    Kelompok terbaik diberikan reword.
Hak dan kewajiban menjaga kelestarian pohon pinus




·      Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan wawacara.
·      Melaporkan hasil wawancara secara lisan dan tulisan
1.     Melakukan wawancara secara berkelompok.
2.     Setiap kelompok terdiri dari 5 orang
3.     Setiap kelompok mewawancarai warga sekolah (kepala sekolah, guru, staf tata usaha) sehubungan dengan kewajiban terhadap lingkungan.
4.     Mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan. (Mengomunikasikan)

Hak dan kewajiban warga sekolah


Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri
anugerah Tuhan yang Maha
Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam, alat
teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·   Menceritakan kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita tentang  Perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon.
·   Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku
1.    mengamati teks tentang perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon.(Mengamati)
2.    membaca teks secara bersama-sama tentang teks.
3.    menjawab pertanyaan
4.    menceritakan kembali teks tentang teks perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon.
5.    Memilih 10 kosakata baru yang belum di mengerti dalam teks.
6.    Mencari arti kosakata baru tersebut di kamus dan menuliskan di lembar kerja.
7.    Membuat kalimat menggunakan kosakata baru yang telah di temukan.

Teks tentang perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon.

Membuat kalimat




·   Menemukan informasi penting dalam teks pesona kecantikan anggrek alam Indonesia
·   Menuliskan pengalaman melalui cerita petualangan
1.    Mengamati gambar Anggrek (Mengamati)
2.    Membaca teks tentang “pesona kecantikan anggrek alam Indonesia”
3.    Membuat pertanyaan tentang gambar dan teks
4.    Menukar pertanyaan dengan teman dan menjawab pertanyaan tersebut
5.    Membentuk kelompok diskusi
6.    Menuliskan informasi penting dari teks yang telah di temukan
7.    Menyampaikan informasi yang telah ditulis setiap perwakilan kelompok.
8.    Setiap kelompok memberikan komentar atas hasil pekerjaan yang telah dibuat oleh kelompok lain.
9.    Mengingat kembali tentang pesona kecantikan anggrek di indonesia.
10.                  Menceritakan kembali secara ringkas teks sebelumnya dengan runtut menggunakan kata-kata sendiri berbentuk bagan (peta konsep)
11.                  Menulis cerita tentang petualangan tentang lingkungan.

Teks tentang pesona kecantikan anggrek




·      Menemukan informasi penting dalam teks tentang Pantai Indonesia masuk Pantai Terbaik Dunia
·      Menceritakan kembali teks cerita petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
1.    Mengamati teks tentang Pantai Indonesia Masuk 100 Pantai Terbaik Dunia (Mengamati)
2.    Menjawab pertanyaan berdasarkan teks (Menalar)
3.    Menemukan informasi penting dalam teks
4.    Mengamati teks tentang kepulauan Dewawan.
5.    Membaca teks tentang pulau derawan
6.    Menjawab pertanyaan yang ada tentang teks
7.    Menulis cerita tentang pengalaman berkunjung ke pantai.

Teks tentang pantai Indonesia




·      Menceritakan kembali proses membuat gambar pemandangan
·      Mempresentasikan makna yang terkandung pada gambar
1.    Mengamati gambar tentang lingkungan yang telah dibuat. (mengamati)
2.    Menceritakan gambar pemandangan yang telah dibuat oleh siswa.




Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan
bilangan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
·       Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
·       Menjelaskan operasi
pengurangan bilangan desimal dan persen
·       Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen
·       Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen
1.    Mengamati tabel tentang waktu tidur Hewan (Mengamati)
2.    Bertanya jawab tentang tabel yang diamati
3.    Berdiskusi tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen
4.    Menyajikan hasil diskusi yang telah diselesaikan di depan kelas

Penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen




·      Menjelaskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
·      Menyelesaikan soal tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
1.    Mengamati kertas yang digunakan untuk menggambar. (Mengamati)
2.    Bertanya jawab dengan memperkirakan ukuran kertas (menalar)
3.    Mengukur ukuran kertas dan jenis kertas yang diukur
4.    Mengingat kembali rumus tentang bangun datar untuk menyelesaikan masalah tentang pengurangan dan penjumlahan bilangan desimal
5.    Menyelesaikan tugas secara berkelompok

Penjumlahan dan pengurangan bilang desimal dan persen




·      Menjelaskan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal
·       Mengaplikasikan operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan persen dan desimal
1.    Mengamati tabel hasil penelitian tentang konsumsi burung cenderawasih terhadap jenis pakan (mengamati)
2.    Bertanya jawab tentang tabel
3.    Menyelesaikan masalah yang ada pada tabel secara individu
4.    Menyimpulkan tabel yang telah diselesaikan masalahnya.

Penjumlahan dan pengurangan bilang desimal dan persen


IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati- hati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskrpisikan hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang
sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
·       Membedakan hewan langka dan tidak langka
·       Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka
1.    Mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka dan tidak langka
2.    membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati
3.    mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan
4.    mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah ditulis dengan pasangan masing-masing.
5.    Mengelompokkan hewan langka dan tidak langka pada tabel yang telah disediakan.

Hewan langka dan tidak langka di Indonesia




·     Mendeskripsikan hubungan antara kegiatan manusia dan kelangkaan  burung.
·     Menyimpulkan hasil penelitian terhadap perilaku makhluk hidup
1.     Mengamati gambar burung cenderawasih
2.     Membuat pertanyaan tentang burung cenderawasih.

1.        Mengamati teks jenis burung cenderawasih
2.        Membaca teks tentang jenis burung cendewasih
3.        Menuliskan persamaan dan perbedaan antara cenderasih biru dan cenderawasih merah
4.        Menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka sukai beserta alasan.
5.        Menuliskan 5 keindahan yang mereka temukan pada berbagai jenis cenderawasih




IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia
dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam
masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam
melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
·       Menyebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam
·       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam
1.    Mengamati teks burung cenderawasih
2.    Membaca teks tentang burung cenderawasih
3.    Menjawab pertanyaan
4.    Mengkaji kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih
5.    Menceritakan manusia dalam dinamikan interaksi dengan lingkungan alam.
6.    Mengemukakan pendapat tentang perilaku manusia terhadap hewab langka.
7.    Memberikan saran tentang pelestarian burung cenderawasih.

Interaksi lingkungan alam


PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.3 Menghargai perbedaan
karakteristik individual dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotorr dan nonlokomotor
untuk membentuk gerakan dasar
atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
·      Mengenal kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan lari melalui permainan tentang lingkungan hidup
·      Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan
lari melalui permainan tentang lingkungan hidup
1.     Mengamati gambar permainan pemburu dan badak jawab.
2.     Bertanya jawab tentang cara melakukan permainan
3.     Melakukan permainan secara berkelompok.
4.     Berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan.

Gerak dasar lokomotor



3.6 Mengetahui konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan gerak dasar
langkah dan ayunan lengan
bertema budaya daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
·      Menjelaskan pola gerak dasar berirama
·      Mempraktikkan pola gerak dasar langkah dan ayunan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik
1.     Mengamati gerakan senam berirama
2.     Melakukan gerak dasar berirama.

Gerakan berirama


SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani
mengekspresikan diri dalam
berkarya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu
dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku sikap
mengenal sikap disiplin, tanggung Jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.1 Menggambar berdasarkan tema
·      Mengetahui alur cara menggambar
·      pemandangan alam
·      Menggambar pemandangan alam
menggunakan pensil
1.    Mengamati gambar pemandangan alam
2.    Bertanya jawab tentang langkah-langkah membuat gambar sketsa
3.    Membuat sketsa dan catatan penting tentang opjek yang akan digambar
4.    Membuat sketsa pemandangan alam

Menggambar sketsa




·      Menyebutkan            alur   cara menggambar pemandangan alam
·      Menggambar dan      mewarnai pemandangan alam
1.    Menyiapkan gambar sketsa yang telah disiapkan sebelumnya
2.    Mengaplikasikan teknik pewarnaan yang sesuai tema
3.    Menceritakan gambar pemandangan yang telah dibuat kepada teman.

Mewarnai gambar sketsa



Belum ada Komentar untuk "Sillabus Kelas IV Tema Indahnya Negeriku subtema (Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel