RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN tema Indahnya Negeriku
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / semester : IV / I
Tema :
Indahnya Negeriku
Subtema : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran : I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1.
Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya.
KI 2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Matematika
3.7. Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desiman.
4.2. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
4.2. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
Indikator :
·
Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan
desimal.
·
Menjelaskan operasi pengurangan bilangan
desimal.
·
Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan
persen.
·
Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan
persen.
IPA
3.7. mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
teknologi dan msyarakat.
4.6. menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
4.6. menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator :
·
Membedakan hewan langka dan tidak langka
·
Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan
langka.
Bahasa Indonesia
3.4. menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan
dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4. Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4. Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·
Menyimak teks informasi pada hewan –hewan
langka di Indonesia.
·
Menuliskan informasi penting yang ada pada teks
informasi hewan-hewan langka di Indonesia.
·
Menceritakan kembali menggunakan kata-kata
sendiri informasi yang digali dari berita petualangan.
·
Membuat kalimat menggunakan kosakata baku.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mengamati gambar,
siswa mampu membedakan hewan langka dan tidak
langka dengan benar.
Siswa mampu menyimak informasi penting pada
teks informasi yang tela disediakan tentang hewa-hewan langka di Indonesia.
Siswa mampu menuliskan informasi penting pada
teks informasi yang telah disediakan tentang hewan-hewan langka di Indonesia.
2.
Setelah membaca teks petualang tentang Perburuan Liar Ancam
Macan Tutul di Ujung Kulon :
siswa mampu menyimpulkan berita menggunakan
kata-kata sendiri.
3.
Setelah membaca teks informasi tentang Macan
Tutul Jawa,
siswa mampu menceritakan kembali isi teks menggunakan kata-kata sendiri.
siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku
dan menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur.
4.
Setelah menganalisis tabel :
Siswa mampu menjelaskan penjumlahan bilangan
desimal dan persen dengan benar.
Siswa mampu menjelaskan pengurangan bilangan
desimal dan persen dengan benar.
5.
Berdasarkan table,
Siswa mampu mengoperasikan penjumlahan bilangan
desimal dan persen dengan teliti.
Siswa mampu mengoperasikan pengurangan desimal
dan persen dengan teliti.
D. Materi ajar
·
Operasi hitung ( penjumlahan dan pengurangan)
bilangan desimal dan persen
·
Hewan langka dan tidak langka di Indonesia
·
Menceritakan kembali isi teks petualangan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific,
komunikatif, whole language.
Metode : diskusi, tanya
jawab, penugasan
F. Media / alat bantu dan sumber
pembelajaran
Media : gambar hewan
langka dan tidak langka
Sumber belajar : buku siswa tema 6 dan buku guru tema 6
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengkondisikan kelas.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru memotivasi siswa denga yel-yel :
Berikan
satu kebanggaan untuk kelas kita “ hu “
Berikan
dua kebanggaan untukn kelas kita : hu ha “
Berikan
seribu kebanggan untuk kelas kita “tepukan 2 x 2 “
·
Bertanya jawab tentang hewan-hewan langka
yang diketahui siswa.
|
10 – 15 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka
dan tidak langka.
2.
Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting
berdasarkan gambar tersebut.
3.
Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan
pasangan yang telah ditentukan.
4.
Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah
mereka tulis dengan pasangan masing-masing.
5.
Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka
atau tidak langka pada ( bagan ) yang
telah disediakan.
6.
Siswa membaca teks Perburuan
Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon, Siswa menyimpulkan isi berita
dengan menggunakan kata-kata sendiri secara mandiri.
7.
Setelah membaca teks informasi tentang macan tutul jawa,
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
8.
Siswa menceritakan kembali isi teks informasi tentang
macan tutul menggunakan kata-kata
sendiri secara individu.
9.
Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami
artinya.
10. Siswa mencari arti
kata-baru baru tersebut di kamus dan menuliskan pada lembar yang telah
disediakan.
11. Siswa membuat 5
kalimat menggunakan kosakata baru tersebut.
12. Dengan panduan
guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data ( desimal dan persen ) tentang jumlah jam tidur hewan.
13. Siswa mendiskusikan
data yang mereka telaah dalam kelompok
14. Siswa
menjawab pertanyaaan yang terdapat dalam buku siswa.
Contoh
pertanyaan :
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur
paling lama ?
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur
paling singkat ?
15. Siswa mempertukarkan jawaban dengan
pasangan.
16. Siswa menjelaskan cara mereka
menjawab pertanyaan dengan pasangan.
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama siswa
merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
·
Guru menyampaikan pesan moral bahwa begitu banyak keanekaragaman
hewan di Indonesia, maka setiap
manusia harus menjaga kelestarian hewan agar tidak punah.
·
Guru memberikan tindak lanjut
|
10 – 15 menit
|
H. Penilaian
a. Teknik
1.
Daftar periksa ( IPA )
2.
Rubrik ( Bahasa Indonesia )
Daftar periksa ( Bahasa Indonesia )
3.
Penilaian dengan skoring ( Matematika )
4.
Penilaian sikap.( kerjasama, keaktifan,
menghargai pendapat teman, tanggung jawab )
b. Instrumen
1. Penilaian dinilai dengan dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Kecapaian
|
|
ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan langka
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka
|
|
|
4.
|
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan.
|
|
|
Format
penilaian :
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|
|||
Menuliskan
5 contoh hewan tidak
langka
|
Menuliskan 5 contoh hewan langka
|
Menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka
|
Menyimpulkan
Tentang penyebab kelangkaan hewan.
|
|||
1.
|
Zulfiadi
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
2.
|
Deden
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Tidak
|
|
3.
|
Mudaris
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
2. Bahasa Indonesia dinilai dengan
a. Rubrik
Menceritakan
kembali teks petualangan dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
Struktur cerita
|
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita yang ditulis dengan lengkap ( )
( 3 )
|
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap.
( 2 )
|
cerita tidak memuat salah satu aspek ( awal ; pertengahan, atau akhir
)
( 1 )
|
Latar Cerita
|
Memuat latar
( setting ) dalam cerita yang ditulis secara
detail
( 3 )
|
Memuat latar
( setting ) cerita, namu kurang detail
( )
( 2 )
|
Tidak memuat latar
( setting ) dalam cerita.
( 1 )
|
Tokoh Cerita
|
Memuat nama tokoh dengan
lengkap
( )
( 3 )
|
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap.
( 2 )
|
Tidak memuat tokoh cerita.
( 1 )
|
Keruntunan
|
Seluruh kalimat runtut
( 3 )
|
Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut
( )
( 2 )
|
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut.
( 1 )
|
Catatan
: centang ( ) pada bagian
yang memenuhi kriteria
Penilaian : x 10
Contoh : x 10 = x 10 = 8,3
Format Penilaian :
No
|
Nama
siswa
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Struktur
cerita
|
Latar Cerita
|
Tokoh
Cerita
|
Keruntutan
|
|||
1
|
Zulfiadi
|
3
|
2
|
2
|
1
|
8
|
2.
|
Mudaris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
3.
|
Deden
|
4
|
3
|
4
|
4
|
15
|
b. Daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Kecapaian
|
|
ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku dari teks cerita
petualangan
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku tersebut dalam kalimat yang
runtut
|
|
|
3. Matematika dinilai dengan skoring
4. Penilaian sikap ( kerjasama, keaktifan,
menghargau pendapat teman, tanggung jawab )
No
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Tidak
terlihat
|
1.
|
Kerjasama
|
|
|
2.
|
Keaktifan
|
|
|
3.
|
Menghargai pendapat teman
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab
|
|
|
Format
penilaian
No |
Nama Peserta
Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerja
sama
|
keaktifan
|
Menghargai
Pendapat
Teman
|
Tanggung
jawab
|
||||
1.
|
Zulfiadi
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Jazmi mudaris
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ejen
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Deden
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Rama
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Boby
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Defgan alfamart
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
EVALUASI
Pilihlah satu jawaban yang tepat !
1.
Satu dari lima jenis harimau di dunia yang
masih bertahan hidup adalah...
a.
Harimau Jawa c.
Harimau Bali
b.
Harimau Sumatra d.
Harimau Bali
2.
Burung merak yang memiliki bulu-bulu yang
indah, hijau keemasan adalah..
a.
Merak jawa atau merak hijau c. Merak bali atau merak hijau
b.
Merak jawa atau merak hijau d. Merak batam atau merak hijau.
3.
Hewan yang langka dan unik karena dianggap
sebagai warisan zaman prasejarah yang masih hidup adalah...
a.
Musang c.
Harimau
b.
Kelelawar d.
Komodo
4.
Yang termasuk hewan langka dibawah ini adalah,
kecuali...
a.
Orangutan c.
Harimau Sumatra
b.
Komodo d.
Ayam
5.
Jumlah dari 100,05 + 300,6 adalah...
a.
400,65 c. 200,65
b.
300,05 d.
500,65
6.
Hasil pengurangan dari 50,35 – 30,20 adalah...
a.
10, 35 c.
12, 45
b.
11,25 d.
20,15 jawaban
7.
Hasil penjumlahan dari 65,8 % + 13,5 jam
adalah..
a.
100,5 % c.
122,05 %
b.
123,6 % d.
133,55 %
8.
Hasil pengurangan dari 14,9 jam – 40,4 %
adalah...
a.
6,3 jam c.
5,2 jam
b.
7,2 jam d. 4,2 jam
9.
Hasil dari 70,35 + 800,35 adalah...
a.
970,5 c.
770,8
b.
990,5 d.
870,7
10. Hasil
dari 60,45 % + 50,50% adalah...
a.
120,95 c.
110,95
b.
121,95 d.
111,95
Jawablah
pertanyaan berikut !
1.
Sebutkan 5 hewan langka yang ada di
Indonesia...
2.
Sebutkan 10 hewan yang tidak langka di
Indonesia...
3.
Waktu tidur harimau adalah 65, 8 dan waktu
tidur jaguar adalah 10,8 jam.
Berapakah jumlah tidur kedua hewan
tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )
4.
Waktu tidur tupai adalah 62% dan waktu tidur
simpanse adalah 9,7 jam.
Berapakah hasil pengurangan jumlah tidur kedua
hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk persen )
5.
Waktu tidur macan tutul adalah 50,6 % , dan
waktu tidur ular piton adalah 75%, sedangkan waktu tidur jaguar adalah 10,8
jam. Berapakah hasil penjumlahan waktu tidut ketiga hewan tersebut...(ditulis
dalam bentuk jam )
Kunci Jawaban
Pilihlah
jawaban paling tepat !
1.
B
2.
A
3.
D
4.
D
5.
A
6.
D
7.
C
8.
C
9.
D
10. C
Jawablah
pertanyaan berikut !
1.
– orangutan
-
Harimau sumatra
-
Merak Jawa atau merak hijau
-
Macan tutul
-
Komodo
2.
– ayam
-
Bebek
-
Kerbau
-
Sapi
-
kelinci
-
kucing
-
ular
-
tupai
-
kelelawar
-
burung merpati
-
dan bisa jawaban-jawaban lain.
3.
65,8% + 10,8 jam = 15,8 jam + 10,8 jam = 26,592
jam
4.
62% - 9,7 jam = 21,6 %
5.
50,6% + 75% + 10,8 jam = 40,9 jam
Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN tema Indahnya Negeriku"
Posting Komentar