RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN tema Indahnya Negeriku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SD
Kelas / semester         : IV / I
Tema                           : Indahnya Negeriku
Subtema                     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran              : I
Alokasi Waktu             : 6 x 35 menit
A.   Kompetensi Inti
KI 1.         Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya.
KI 2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar
Matematika
3.7. Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desiman.
4.2. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
Indikator :
·         Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal.
·         Menjelaskan operasi pengurangan bilangan desimal.
·         Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen.
·         Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen.
IPA
3.7. mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan teknologi dan msyarakat.
4.6. menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator :
·         Membedakan hewan langka dan tidak langka
·         Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka.
Bahasa Indonesia
3.4. menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4. Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·         Menyimak teks informasi pada hewan –hewan langka di Indonesia.
·         Menuliskan informasi penting yang ada pada teks informasi hewan-hewan langka di Indonesia.
·         Menceritakan kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita petualangan.
·         Membuat kalimat menggunakan kosakata baku.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengamati gambar,
*      siswa mampu membedakan hewan langka dan tidak langka dengan benar.
*      Siswa mampu menyimak informasi penting pada teks informasi yang tela disediakan tentang hewa-hewan langka di Indonesia.
*      Siswa mampu menuliskan informasi penting pada teks informasi yang telah disediakan tentang hewan-hewan langka di Indonesia.
2.    Setelah membaca  teks petualang tentang Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon :
*      siswa mampu menyimpulkan berita menggunakan kata-kata sendiri.
3.    Setelah membaca teks informasi tentang Macan Tutul Jawa,
*      siswa mampu menceritakan kembali isi teks  menggunakan kata-kata sendiri.
*      siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku dan menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur.
4.    Setelah menganalisis tabel :
*      Siswa mampu menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan benar.
*      Siswa mampu menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan persen dengan benar.
5.    Berdasarkan table,
*      Siswa mampu mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
*      Siswa mampu mengoperasikan pengurangan desimal dan persen dengan teliti.


D.   Materi ajar
·         Operasi hitung ( penjumlahan dan pengurangan) bilangan desimal dan persen
·         Hewan langka dan tidak langka di Indonesia
·         Menceritakan kembali isi teks petualangan

E.    Metode Pembelajaran
Pendekatan     : scientific, komunikatif, whole language.
Metode            : diskusi, tanya jawab, penugasan
F.    Media / alat bantu dan sumber pembelajaran
Media              : gambar hewan langka dan tidak langka
Sumber belajar : buku siswa tema 6 dan buku guru tema 6
G.   Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru memotivasi siswa denga yel-yel :
Berikan satu kebanggaan untuk kelas kita “ hu “
Berikan dua kebanggaan untukn kelas kita : hu ha “
Berikan seribu kebanggan untuk kelas kita “tepukan 2 x 2 “
·         Bertanya jawab tentang hewan-hewan langka yang diketahui siswa.
10 – 15 menit
Inti
1.    Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka dan tidak langka.
2.    Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar tersebut.
3.    Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah ditentukan.
4.    Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing.
5.    Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak langka pada  ( bagan ) yang telah disediakan.
6.    Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon, Siswa menyimpulkan isi berita dengan menggunakan kata-kata sendiri secara mandiri.
7.    Setelah membaca teks informasi tentang macan tutul jawa,
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
8.    Siswa menceritakan kembali isi teks informasi tentang macan tutul  menggunakan kata-kata sendiri secara individu.
9.    Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya.
10.  Siswa mencari arti kata-baru baru tersebut di kamus dan menuliskan pada lembar yang telah disediakan.
11.  Siswa membuat 5 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut.
12.  Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data ( desimal dan persen )  tentang jumlah jam tidur hewan.
13.  Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok
14.  Siswa menjawab pertanyaaan yang terdapat dalam buku siswa.
Contoh pertanyaan :
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling lama ?
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling singkat ?
15.  Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan.
16.  Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan.

180 menit
Penutup
·         Guru bersama siswa  merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
·         Guru menyampaikan pesan moral bahwa begitu banyak keanekaragaman hewan di Indonesia, maka  setiap manusia harus menjaga kelestarian hewan agar tidak punah.
·         Guru memberikan tindak lanjut
10 – 15 menit

H.   Penilaian
a.    Teknik
1.    Daftar periksa ( IPA )
2.    Rubrik ( Bahasa Indonesia )
Daftar periksa ( Bahasa Indonesia )
3.    Penilaian dengan skoring ( Matematika )
4.    Penilaian sikap.( kerjasama, keaktifan, menghargai pendapat teman, tanggung jawab )

b.    Instrumen

1.    Penilaian dinilai dengan dengan daftar periksa

No


Kriteria
Kecapaian

ya
Tidak
1.
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka


2.
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan langka


3.
Siswa mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka


4.
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan.









Format penilaian :


No


Nama Siswa
Kriteria

Menuliskan
5 contoh hewan tidak
langka
Menuliskan 5 contoh hewan langka
Menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka
Menyimpulkan
Tentang penyebab kelangkaan hewan.
1.
Zulfiadi
Ya
Tidak
Ya
Tidak
2.
Deden
Ya
Ya
Ya
Tidak
3.
Mudaris
Ya
Ya
Ya
Ya

2.    Bahasa Indonesia dinilai dengan
a.    Rubrik
Menceritakan kembali teks petualangan dinilai dengan rubrik

Kriteria

Bagus

Cukup

Berlatih lagi
Struktur cerita
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita yang ditulis dengan lengkap (  )
( 3 )
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap.

( 2 )
cerita tidak memuat salah satu aspek ( awal ; pertengahan, atau akhir )

( 1 )
Latar Cerita
Memuat latar
 ( setting ) dalam cerita yang ditulis secara detail
( 3 )
Memuat latar
( setting ) cerita, namu kurang detail
(  )
( 2 )
Tidak memuat latar
 ( setting ) dalam cerita.

( 1 )
Tokoh Cerita
Memuat nama tokoh dengan lengkap
(  )

( 3 )
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap.

( 2 )
Tidak memuat tokoh cerita.


( 1 )
Keruntunan
Seluruh kalimat runtut

( 3 )
Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut
(  )
( 2 )
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut.
( 1 )

Catatan : centang (  ) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian :  x 10
Contoh :  x 10  =  x 10 = 8,3

Format Penilaian :
No
Nama
siswa
Kriteria
Skor
Struktur
cerita
Latar Cerita
Tokoh
 Cerita
Keruntutan
1
Zulfiadi
3
2
2
1
8
2.
Mudaris
4
4
4
4
16
3.
Deden
4
3
4
4
15


b.    Daftar periksa

No

Kriteria
Kecapaian
ya
Tidak
1.
Siswa mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku dari teks cerita petualangan


2.
Siswa mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia


3.
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku tersebut dalam kalimat yang runtut



3.    Matematika dinilai dengan skoring

4.    Penilaian sikap ( kerjasama, keaktifan, menghargau pendapat teman, tanggung jawab )

No
Kriteria
Terlihat
Tidak terlihat
1.
Kerjasama


2.
Keaktifan


3.
Menghargai pendapat teman


4.
Tanggung jawab






Format penilaian


No
Nama Peserta
Didik
Aspek

Jumlah

Nilai
Kerja
sama

keaktifan
Menghargai
Pendapat
Teman
Tanggung
jawab
1.
Zulfiadi






2.
Jazmi mudaris






3.
Ejen






4.
Deden






5.
Rama






6.
Boby






7.
Defgan alfamart







Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik





           Skor maksimal=16

                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                     Skor Maksimal













EVALUASI
Pilihlah satu jawaban yang tepat !
1.    Satu dari lima jenis harimau di dunia yang masih bertahan hidup adalah...
a.    Harimau Jawa                  c. Harimau Bali
b.    Harimau Sumatra             d. Harimau Bali

2.    Burung merak yang memiliki bulu-bulu yang indah, hijau keemasan adalah..
a.    Merak jawa atau merak hijau       c. Merak bali atau merak hijau
b.    Merak jawa atau merak hijau       d. Merak batam atau merak hijau.

3.    Hewan yang langka dan unik karena dianggap sebagai warisan zaman prasejarah yang masih hidup adalah...
a.    Musang                 c. Harimau
b.    Kelelawar              d. Komodo
4.    Yang termasuk hewan langka dibawah ini adalah, kecuali...
a.    Orangutan             c. Harimau Sumatra
b.    Komodo                d. Ayam
5.    Jumlah dari 100,05 + 300,6 adalah...
a.    400,65                   c. 200,65
b.    300,05                   d. 500,65

6.    Hasil pengurangan dari 50,35 – 30,20 adalah...
a.    10, 35                    c. 12, 45
b.    11,25                     d. 20,15 jawaban
7.    Hasil penjumlahan dari 65,8 % + 13,5 jam adalah..
a.    100,5 %                 c. 122,05 %
b.    123,6 %                 d. 133,55 %
8.    Hasil pengurangan dari 14,9 jam – 40,4 % adalah...
a.    6,3 jam                  c. 5,2 jam
b.    7,2 jam                 d. 4,2 jam
9.    Hasil dari 70,35 + 800,35 adalah...
a.    970,5                     c. 770,8
b.    990,5                     d. 870,7
10.  Hasil dari 60,45 % + 50,50% adalah...
a.    120,95                   c. 110,95
b.    121,95                   d. 111,95
Jawablah pertanyaan berikut !
1.    Sebutkan 5 hewan langka yang ada di Indonesia...
2.    Sebutkan 10 hewan yang tidak langka di Indonesia...
3.    Waktu tidur harimau adalah 65, 8 dan waktu tidur jaguar adalah 10,8  jam.
Berapakah jumlah tidur kedua hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )
4.    Waktu tidur tupai adalah 62% dan waktu tidur simpanse adalah 9,7 jam.
Berapakah hasil pengurangan jumlah tidur kedua hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk persen )
5.    Waktu tidur macan tutul adalah 50,6 % , dan waktu tidur ular piton adalah 75%, sedangkan waktu tidur jaguar adalah 10,8 jam. Berapakah hasil penjumlahan waktu tidut ketiga hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )

Kunci Jawaban
Pilihlah jawaban paling tepat !
1.    B
2.    A
3.    D
4.    D
5.    A
6.    D
7.    C
8.    C
9.    D
10.  C        
Jawablah pertanyaan berikut !
1.    – orangutan
-       Harimau sumatra
-       Merak Jawa atau merak hijau
-       Macan tutul
-       Komodo
2.    – ayam
-       Bebek
-       Kerbau
-       Sapi
-       kelinci
-       kucing
-       ular
-       tupai
-       kelelawar
-       burung merpati
-       dan bisa jawaban-jawaban lain.
3.    65,8% + 10,8 jam = 15,8 jam + 10,8 jam = 26,592 jam
4.    62% - 9,7 jam = 21,6 %
5.    50,6% + 75% + 10,8 jam = 40,9 jam





Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN tema Indahnya Negeriku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel