RPP Kelas II tema Air, Bumi, dan Matahari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :SD
Kelas/Semester       : II/2
Tema                     : Air, Bumi, dan Matahari
Subtema                 : Air  
Pertemuan              : 1I
Alokasi Waktu       : 5 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti
KI 1   : menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya   
   diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3   : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,  
   membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
   ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah  
   dan di sekolah
KI 4   : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
  yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
  yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar
Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2.2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm .
3.10.2 mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.

Bahasa Indonesia
1.2. Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3. Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator
3.1.1 Menemukan kalimat yang sesuai dari gambar tentang aktivitas dalam kehidupan.
4.1.2. Membaca teks tentang kerja bakti dengan lafal dan intonasi yang jelas

PKn       
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator
3.2.1. mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2. Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan saran dan prasarana pembelajaran
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendnginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik

Indikator
3.9.1 Mengindentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas mengisi air dalam galon
3.9.2 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas mengisi air dalam galon
4.9.1 mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik

C.  Tujuan Pembelajaran
1.   Dengan membaca teks tentang aktivitas fisik, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (membawa air diatas kain) dengan cermat.
2.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik teliti.
3.   Dengan tanya jawab, siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri
4.   Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat
5.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tanggung jawab
6.   Dengan menyadari pentingnya tata tertib, siswa dapat melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
7.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat, siswa dapat mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dengan cermat.
8.   Dengan mengukur panjang benda, siswa dapat mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar dengan cermat.
9.   Dengan bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
10.   Dengan mengamati contoh teks laporan, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar dengan cermat.
11.   Dengan teks laporan yang telah ditulis, siswa dapat membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
12.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan benar.
13.   Dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan, siswa dapat mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan tanggung jawab.
14.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan sesudah melakukan aktivitas fisik dengan benar.
15.   Dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan, siswa dapat mempraktikkan aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.

D. Materi Ajar
·     Membuat kalimat sesuai gambar, membaca teks kerja bakti
·     Tertib Mematuhi Aturan di Rumah
·     Pengukuran benda dengan satuan cm
·     Gerak pemanasan dan pendinginan


E.  Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran
Pendekatan   : Saintifik
Metode        : Tanya jawab, diskusi kelompok

F.  Media dan Sumber Belajar
Media:
·         Gambar suasana banjir
·         Gambar kegiatan kerja bakti
·         Gambar gerakan pemanasan
·         Gambar gerakan pendinginan
·         Gambar tata tertib di rumah
·         Gambar alat-alat kebersihan
·         Gambar pengukuran panjang benda
·         Gambar alat-alat pengukuran panjang benda dengan cm

      Sumber Belajar
·     Buku guru dan buku siswa tema kelas II (Air, Bumi, dan Matahari)
Kontributor Naskah: Taufina, Irene Maria J. Astuti, Marina Novianti, Faisal, dan Purnomosidi
Penelaah : Sri Sulistyoni, Rizy Rosjanuardi, Bunyamin Maftuh, Vismaian Damayanti, Tri Hartini, Mugiyo Hartono, dan Nur Wahyu
Penyelia Penerbitan : Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

                            
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama siswa.
2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.
3.      Guru memajang media pembelajaran yang akan digunakan
4.      Guru memberikan apersepsi dengan kegiatan tanya jawab tentang alam sekitar lingkungan tempat tinggal siswa
5.      Guru memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
1.        Siswa mengamati gambar suasana banjir di suatu daerah

Menalar
2.        Siswa bertanya jawab mengenai kejadian yang dialami penduduk bila terjadi banjir
3.        Setelah bertanya jawab, Siswa diminta membuat kalimat yang sesuai dengan gambar
Mengomunikasikan
4.        Kemudian siswa menyampaikan kalimat yang telah dibuat di depan kelas
Mengamati
5.        Setelah menulis kalimat, siswa mengamati teks bergambar tentang kegiatan kerja bakti
6.        Siswa membaca teks bergambar tentang kegiatan kerja bakti
7.        Setelah kegiatan membaca, Siswa mengamati gambar pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
8.        Kemudian, Siswa diminta untuk memahami gerakan aktivitas pemanasan dan pendinginan.
9.        Selanjutnya Siswa secara bersama-sasma mempraktekkan gerakan pemanasan sebelum melakukan aktivitas mengisi air di galon
Mencoba
10.   Setelah melakukan aktivitas pemanasan, Siswa melakukan permainan mengisi galon atau permainan membawa yang diisi air dalam gelas yang diletakkan di atas kain hingga sampai target yang telah ditentukan
11.   Setelah melakukan permainan, Siswa mempraktekkan secara bersama gerakan pendinginan secara bersama.
Mengamati
12.   Setelah melakukan aktivitas fisik, siswa mengamati gambar tentang aturan di rumah
(menalar)
13.   Siswa diminta menentukan gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan di rumah.
14.   Siswa bertanya jawab tentang gambar

Mengamati
15.   Siswa mengamati gambar tentang pengukuran panjang benda menggunakan satuan baku (centimeter)
16.   Siswa membentuk kelompok berjumlah 4 sampai 5 siswa
mencoba
17.   Siswa mengukur benda-benda dengan menggunakan penggaris atau meteran
mengomunikasikan
18.   Siswa membuat laporan bersama-sama dalam kelompok tentang kegiatan mengukur benda yang dilakukan
19.   Setiap kelompok siswa mengumpulkan hasil pengukuran kelompok lain
20.   Siswa membandingkan dan mengurutkan hasil pengukuran setiap kelompok yang telah dilakukan.
150 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
2.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dipelajari
3.   Guru memberikan reword pada kelompok yang terbaik
4.   Guru memberikan tindak lanjut.
15 menit


H. Penilaian
1.   Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Penilaian
3
2
1
1
Cermat
Siswa sering terlihat memiliki kecermatan dalam melakukan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa kadang-kadang terlihat memiliki kecermatan dalam melakukan penyelidikan dalam menggali informasi
Siswa tidak terlihat memiliki kecermatan dalam melakukan penyelidikan dalam menggali informasi
2
Tanggung Jawab
Siswa sering terlihat memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan
Siswa kadang-kadang terlihat memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Siswa tidak terlihat memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan
4
Percaya Diri
Siswa sering terlihat memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa kadang-kadang terlihat memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat ataupun bertanya.
Siswa tidak terlihat memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat ataupun bertanya.
5
Rasa Ingin Tahu
Siswa sering terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melakukan percobaan
Siswa kadang-kadang terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melakukan percobaan
Siswa tidak terlihat mencari tahu untuk menemukan sesuatu yang belum diketahui baik dengan kegiatan bertanya, mencari informasi, maupun dengan melakukan percobaan
6
Peduli
Siswa sering terlihat peduli terhadap teman
Siswa kadang-kadang terlihat peduli terhadap teman
Siswa tidak terlihat peduli dengan teman
                

Lembar pengamatan
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4
5
6























Keterangan:
ST: Sering Terlihat           KT: Kadang Terlihat                  TT : Tidak Terlihat        
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)


2.  Penilaian Keterampilan
Rubrik menulis teks laporan tentang kegiatan mengukur benda
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam peggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai tema
3
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapa 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
4
Penggunaan kalimat yang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif

No
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4
1





2





3





                            
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)
Rubrik Mengukur Panjang Benda
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Keterampilan dalam mengukur
Siswa mampu melakukan pengukuran dengan sangat tepat dengan menggunakan alat ukur baku
Siswa mampu melakukan pengukuran dengan cukup tepat dengan menggunkaan alat ukur  baku
Siswa tidak mampu melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur  baku
2
Kemampuan membandingkan hasil pengukuran
Siswa sangat mampu dalam membandingkan hasil pengukuran benda
Siswa cukup mampu dalam membandingkan hasil pengukuran benda
Siswa kurang mampu dalam membandingkan hasil pengukuran benda


Lembar Penilaian
Nama Siswa
Kriteria
Mengukur benda
Membandingkan Benda










Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 4
(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100)


Rubrik Membacakan teks laporan yang ditulis
No
Kriteria
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Kemampuan membaca teks sederhana
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca sebagian teks
Siswa mampu membaca sebagian kecil teks
2
Intonasi
Siswa mengucapkan bunyi bahasa dengan sesuai.
Siswa mengucapkan bunyi bahasa cukup sesuai.
Siswa mengucapkan bunyi bahasa kurang sesuai.
3
Lafal
Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang sesuai.
Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang cukup sesuai
Pelafalan setiap kata diucapkan dengan artikulasi yang kurang sesuai
4
Ketepatan dalam membaca
Penghentian saat membaca sesuai
Penghentian saat membaca cukup sesuai
Penghentian saat membaca kurang sesuai
5
Volume suara
Valume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas

Lembar penilaian
Nama Siswa
Kriteria
I
2
3
4
5













3.     Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
Petunjuk Penskoran:
Nilai Akhir =  x 100

(Skor di atas apabila di konversi ke nilai 4,3,2, 1. Jika ingin Mengkonversi ke nilai 100 cukup dengan dikalikan 100`

Belum ada Komentar untuk "RPP Kelas II tema Air, Bumi, dan Matahari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel