Program Pembelajaran Individu (PPI ) Inklusi SD

Program Pembelajaran Individu
1.    Identitas siswa
·         Nama              : Amir Atunnas
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 8 tahun
·         Jenis kesulitan : Buta Total ( Totally Blind
2.    Kekuatan dan Kelemahan
Kekuatan   : masih mampu mendengar, dan menggunakan tangan untuk meraba benda-benda yang ada.
Kelemahan : Tidak bisa melihat media ataupun huruf-huruf, angka-angka dalam pembelajaran.

3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standa Kompetensi :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Kompetensi Dasar :
1.3.        Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 sampai 5
·         Mengurangkan bilangan 1 sampai 5

5.    Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
·         Siswa mampu menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
·         Siswa mampu mengurangkan bilangan sampai 1-5 dengan benar.

6.    Strategi Pembelajaran ( Materi, Media, tempat, waktu, evaluasi, dll )
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas agar terasa nyaman.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung.
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi
            Kegiatan Inti :
·         Guru mengenalkan angka-angka 1,2,3,4, dan 5 dengan menggunakan angka-angka yang terbuat dari kayu.
·         Guru meminta siswa untuk meraba angka-angka yang terbuat dari kayu tersebut.
·         Guru membantu siswa melafalkan angka 1-5.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlaha (+) da pengurangan (-) dengan lambang yang terbuat dari kayu.
·         Guru memberika 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru meminta siswa meraba tutup botol.
·         Guru memberikan contoh menjumlahkan bilangan 1-5 dengan bantuan tutup botol.
Misalnya :
Guru memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik  ( tempat penyimpanan lain ). Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol yang ada dalam plastik tersebut. Kemudia guru menambahkan lagi 2 tutup botol tersebut. Kemudian siswa meraba tutup-tutup botol tersebut apakah tutup botol bertambah banyak atau berkurang. Kalau bertambah maka itu penjumlahan, dan kalau berkurang maka dikatakan pengurangan. Guru meminta siswa menghitung jumlah botol-botol yang ada dalam plastik setelah dilakukan penjumlahan dan pengurangan.
Kegiatan Penutup :
·         Guru memberikan soal evaluasi dalam bentuk suara atau dengan menggunakan suara yang sudah direkam, ataupun dalam bentuk media.
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
·         Tindak lanjut.
Kegiatan alternatif :
·         Guru bisa menggunakan media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan menggunakan tutup botol seperti batu, kelereng, dan sebagainya.
Materi Pembelajaran  : penjumlahan dan Pengurangan bilangan.
Tempat            : Di ruangan kelas
Waktu              : 2 x seminggu
Evaluasi          :
Jawablah soal berikut ini :
1.    Saya memasukkan 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Kemudian saya menambahkannya lagi 2 tutup botol ke dalam kantong plastik. Jumlah tutup-tutup botol dalam kantong plastik saya adalah ?
2.    Saya mempunyai 4 kelereng yang telah saya simpan di dalam saku baju. Kemudian saya mengambil 1 kelereng yang ada dalam kantong plastik. Berapakah sisa kelereng yang ada dalam kantong plastik saya sekarang ?
3.    3 buah jeruk ditambah 2 jeruk adalah....
4.    3 buah jeruk dikurang 2 jeruk adalah...

5.    2 apel ditambah 3 apel adalah...

1 Komentar untuk "Program Pembelajaran Individu (PPI ) Inklusi SD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel