Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU
1.    Identitas Siswa
·         Nama              : Mukhsin
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunarungu


·         Nama              : Andika
·         Kelas               : 1 SD
·         Usia                 : 7 tahun
·         Jenis Kesulitan : Tunarungu

2.    Kekuatan dan kelemahan
Kekuatan         : Masih bisa Melihat, berbicara.
Kelemahan      : Kehilangan pendengaran antara 20-30 dB ( slight Losses).
3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi :
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Kompetensi Dasar
1.3.                Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

4.    Indikator
·         Menjumlahkan bilangan 1 sampai 5
·         Mengurangkan bilangan 1 sampai 5
5.    Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan media-media yang sudah disiapkan oleh guru :
·         Siswa mampu menjumlahkan bilangan 1 sampai 5 dengan benar.
·         Siswa mampu mengurangkan bilangan 1 sampai 5 dengan benar.

6.    Strategi Pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu, evaluasi,dll)
Strategi :
Kegiatan Awal :
·         Guru mengkondisikan kelas agar terasa nyaman.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi lagu berhitung dengan bentuk bibir yang sesuai agar siswa bisa membaca bibir guru.
1 bentuknya tongkat
2 bentuknya angsa
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi


      Kegiatan Inti :
·         Guru mengenalkan angka 1,2,3,4 dan 5 dengan menggunakan angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka diberikan tutup botol, misalnya angka 1 diberikan 1 tutup botol, angka 2 diberikan 2 tutup botol, dst.
·         Guru membantu melafalkan angka 1-5 dengan mendekati siswa dan dengan gerakan bibir yang sesuai.
·         Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-) yang terbuat dari kayu dengan gerakan bibir yang tepat saat mengucapkan kata-kata agar mudah dipahami siswa dan dengan menggunakan gerakan tangan yang sesuai.
·         Guru memberikan 5 tutup botol kepada siswa.
·         Guru memberikan contoh menjumlahkan bilangan 1-5 dengan bantuan tutup botol.
Setelah mendapat hasil dari penjumlahan guru menunjukkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
Siswa mengikuti seperti guru.
·         Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan tentang operasi pengurangan dengan cara yang sama menggunakan tutup botol.
Kegiatan Penutup :
·         Guru memberikan soal evaluasi
·         Guru bersama siswa merangkum pembelajaran
·         Tindak lanjut.
Kegiatan Alternatif :
·         Guru bisa menggunakan media-media lain untuk membantu siswa berhitung selain dengan menggunakan tutup botol seperti batu, kelereng dan sebagainya.
Materi : Penjumlahan dan pengurangan bilangan
Media  :
1.    Tutup botol, kelereng, dan batu.
2.    Angka-angka yang terbuat dari kayu ( Plastik )
Tempat : Ruangan Kelas
Waktu : 2 x seminggu






EVALUASI     :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat :


1.      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg   +            Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg =  

2.      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpgDescription: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg  -      Description: http://i.colnect.net/images/f/334/835/Coca-cola.jpg            =  
3.      Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpg     +Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQiu2QIAcXtsUCDTrLoO6RVmQqjX_SKihojVHkS66gxcA4R2SmZ1cUObDniekTcsETnJEuJ8XrODlZm79lsp6gGjcC40OsOHiei2EZwc9wHNbKUhMP48XJkIA8HTi7FTgCqpjTlx7tCUo/s400/7+ganggang+flinston.jpg          =
4.      5 – 4     =
5.      4 + 3   =


Siapa yang Melakukan   :
Wali Kelas, atau guru pembantu.



Belum ada Komentar untuk "Program Pembelajaran Individu (PPI) Anak Tunarungu Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel